Minggu, 18-02-2024
  • OSIS SMAN 1 Kersana Masa Bhakti 2023/2024

Semarak Dies Natalis & Bulan Bahasa

Diterbitkan : - Kategori : Uncategorized

Bulan Oktober dikenal juga sebagai Bulan Bahasa disandarkan pada peristiwa kongres pemuda 95 tahun silam dengan peristiwa monumental yaitu Sumpah Pemuda. Saat  itu para pemuda mengakui bahwa Bahasa Indonesia menjadi Bahasa pemersatu yang mengikat berbagai keragaman Bahasa yang ada di Indonesia. Pada peristiwa Sumpah Pemuda tanggal 28 Oktober itu juga  dilakukan penetapan bahasa resmi yang digunakan masyarakat, yaitu Bahasa Indonesia,  karena itu, Oktober dijuluki sebagai Bulan Bahasa dan Sastra Indonesia sejak tahun 1980 hingga saat ini (Detiknews).

Dalam rangka memperingati Hari Sumpah Pemuda atau Bulan Bahasa tersebut, OSIS SMAN 1 Kersana menggelar berbagai perlombaan yang bertujuan memberi penguatan literasi baca tulis serta keterampilan berbahasa. Perlombaan tersebut adalah Lomba Poster, Smakers Got Talent Season 3, Menghias Pojok Literasi, News Anchor dan Video Competetion.

Puncak peringatan Bulan Bahasa diselenggarakan pada 20 Oktober 2023 yang bertepatan dengan Dies Natalis SMAN 1 Kersana ke 24. Puncak acara peringatan Bulan Bahasa diawali dengan kegiatan rutin yakni mujahadah, dilanjutkan sambutan dari Kepala SMAN 1 Kersana, Bapak Nuridin, S.Si., M.Pd. dan simbolis perayaan Bulan Bahasa dan Dies Natalis. Selanjutnya, seluruh warga SMAN 1 Kersana makan bersama di halaman sekolah. Setelah itu, dilanjutkan dengan final lomba Smakers Got Talent Season 3 yang menampilkan 5 finalis dengan berbagai talenta. Disamping itu juga ada beberapa talent dari ektrakurikuler tari dan band untuk memeriahkan acara tersebut.

Penyelenggaraan kegiatan ini bertujuan untuk memfasilitasi berbagai potensi/bakat yang dimiliki peserta didik SMAN 1 Kersana. Di penghujung acara, berbagai pemenang lomba dalam rangka memperingati Bulan Bahasa diumumkan. Adapun pemenangnya sebagai beriktu :

  1. Lomba Poster

Juara 1 : Milhatun Aswiya (XII IPS 1)

Juara 2 : Stevanie Putri F.A. (XII IPS 2 )

  1. Lomba Smakers Got Talent Season 3

Juara 1: Dino Pasa (XI-3)

Juara 2: M. Rifki Firmansyah (XII IPS 1)

  1. Lomba Menghias Pojok Literasi

Juara 1 : XI-4

Juara 2 : XII MIPA 5

  1. Lomba News Anchor

Juara 1 : Adin N.K (XII MIPA 1)

Juara 2 : Windiarti  (XI-3)

  1. Lomba Smakers Video Competetion

Juara 1 : Dwi Riyani (XII MIPA 5)

Juara 2 : Citra Rara Mutia ( XII MIPA 1)

Artikel ini memiliki

0 Komentar

Beri Komentar

Balasan

Post Terkait

Hari Guru Nasional

Sabtu, 25 Nov 2023

Recent Comments

Tidak ada komentar untuk ditampilkan.